MATA pelajaran “Sejarah” dalam buku ini mengkaji manusia dalam ruang dan waktu terutama konteks Indonesia. Selaras dengan ujung dari tujuan Capaian Pembelajaran (CP) Sejarah bahwa pembelajaran sejarah yang berorientasi pada keterampilan berpikir secara alamiah akan mendorong pembentukan manusia merdeka yang memiliki kesadaran sejarah dan selaras dengan Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran yang disajikan bertujuan untuk melatih peserta didik memahami karakter ilmu sejarah sekaligus membangun pola pikir dan kecakapan sejarah, utamanya sejarah Indonesia. Buku ini merupakan bagian dari buku teks IPS kelas X SMA, tetapi terdapat beberapa modifikasi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik SMK.
MATA pelajaran “Sejarah” dalam buku ini mengkaji manusia dalam ruang dan waktu terutama konteks Indonesia. Selaras dengan ujung dari tujuan Capaian Pembelajaran (CP) Sejarah bahwa pembelajaran sejarah yang berorientasi pada keterampilan berpikir secara alamiah akan mendorong pembentukan manusia merdeka yang memiliki kesadaran sejarah dan selaras dengan Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran yang disajikan bertujuan untuk melatih peserta didik memahami karakter ilmu sejarah sekaligus membangun pola pikir dan kecakapan sejarah, utamanya sejarah Indonesia. Buku ini merupakan bagian dari buku teks IPS kelas X SMA, tetapi terdapat beberapa modifikasi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik SMK.